Berikut ini adalah cara sederhana untuk menggunakan kotak Information File di Photoshop untuk menyimpan  undang-undang hak cipta. Ingat bahwa Anda mendapatkan perlindungan tambahan di bawah Digital Millennium Copyright Act dengan memberikan pemberitahuan kepada pemirsa dari pekerjaan Anda. Hal ini juga mencegah gambar Anda dari menjadi Pekerjaan Orphan  .

Ini harus tidak dilakukan sebagai satu-satunya alat Anda perlindungan. Saya juga akan menyarankan menggunakan "terlihat" watermark yang mencakup, minimal, simbol hak cipta dan nama Anda. Hal ini dapat ditempatkan sebagai lapisan di atas gambar dan hantu atau timbul ke dalam gambar.

Anda akan mendapatkan kualitas terbaik dengan bekerja dengan file yang dalam format terkompresi atau lossless seperti TIF daripada jpeg. Melakukan tindakan ini pada JPEG akan dikenakan file-file ke putaran lain kompresi "lossy" yang dapat menurunkan kualitas gambar Anda. Minimal saya akan menyarankan mengamati jpeg asli ke jpeg dua kali disimpan untuk memastikan bahwa kualitas dapat diterima.

Anda juga dapat menemukan penggunaan utilitas seperti Toolkit Info Gambar  , atau PhotoMechanic  lebih cocok untuk embedding metadata ke file jpeg.

Langkah-Langkah

Cara membuat tindakan di Photoshop (saya menggunakan Adobe Photoshop CS 5, tapi ini bisa bekerja dalam versi lain kebanyakan juga).

1. Buka  gambar di Photoshop.

2. Di bawah menu window pilih "Tindakan Tampilkan".

3. Di sisi kanan palet tindakan Anda akan melihat segitiga kecil. Klik dan pilih "menciptakan tindakan baru" .

4. Nama Aksi (misalnya, "Hak cipta 2007" )

5. Pilih satu set dari menu pop up (Anda bisa menciptakan satu set baru jika diinginkan seperti salah satu nama meta data atau hak cipta ). Jika Anda ingin Anda dapat memetakan tombol fungsi Anda sebagai shortcut (misalnya, Mac "Command + Shift + F8" atau pc, Ctrl + Shift + F8).

6. Anda siap untuk mulai merekam, pergi ke gambar terbuka dan pilih File, File Info .

7. Dalam jenis kotak Caption, di © 2007 (fotografer nama), All Rights Reserved . Jika Anda ingin, menambahkan nomor telepon Anda, alamat, dll
(untuk mendapatkan Option © simbol penggunaan + G [mac], atau tahan pada tombol Alt sambil mengetik 0169 dari keypad numerik * [jendela]). Lihat titik tanda bintang di bawah ini jika Anda menggunakan laptop jendela.

8. Ada beberapa bagian di bawah bar beralih tergantung pada versi Adobe ® Photoshop yang Anda gunakan. Untuk versi 6, lihat di bawah "hak cipta" bagian (Command + 6, Mac, Control + 6, PC), di versi 7 ini berada di bagian "umum". Centang kotak berlabel "Mark berhak cipta" dan tempat © 2003 (fotografer nama), All Rights Reserved . (Ini sehingga Anda benar-benar tertutup dalam setiap negara yang menandatangani Konvensi Bern). Karena tidak semua pembaca IPTC bekerja sama, saya juga menyarankan menempatkan info yang sama ke dalam kolom "keterangan" juga.

9. Jika Anda ingin, tambahkan URL website Anda di kolom yang disediakan di bawah ini. Namun, seperti disebutkan di atas ini hanya dapat terlihat jika klien membuka file dalam Adobe ® Photoshop, sehingga Anda mungkin ingin juga menempatkan ini dalam bidang caption juga.

10. Pilih OK - Anda akan melihat simbol hak cipta sekarang di depan nama gambar pada bagian atas jendela gambar.

11. Kembali ke segitiga kecil di tepi palet tindakan dan pilih "berhenti merekam" dari menu atau klik pada kotak hitam kecil di bagian bawah. Jika Anda ingin menggunakan ini sebagai bagian dari sebuah proses "batch" seperti yang disebutkan di bawah ini, Anda akan perlu menambahkan "Save As" ** langkah sebelum Anda berhenti merekam.

12. Anda sekarang memiliki tindakan untuk memasukkan data ini ke setiap gambar hanya dengan menjalankan tindakan ini ..

Anda mungkin ingin cadangan tindakan ini pada saat ini. Melihat file bantuan atau manual untuk spesifik tentang cara untuk melakukan ini.

Hanya itu otomatis!

Jika Anda ingin membuat proses ini lebih mudah, mengatur proses batch sehingga Anda dapat memproses banyak gambar sekaligus dengan tindakan ini.

1. Buat folder pada desktop Anda, Anda mungkin menyebutnya "hak cipta" . Pindahkan file yang Anda ingin melindungi ke dalam folder ini.

Catatan: Ini akan menghapus semua data yang ada dalam "file info" Anda kotak, jadi gunakan dengan hati-hati atau hanya menempatkan salinan file dalam folder ini.

2. Di bawah "file" menu pilih "otomatis" dan pilih "Batch" .

Pilih tindakan hak cipta (seharusnya muncul secara otomatis jika itu adalah tindakan terakhir Anda berlari), pilih sumber folder pastikan untuk memeriksa kotak berlabel tindakan override "Save As" ** perintah dan memilih bermain .

Kemudian duduk kembali dan menonton, atau menggunakan waktu yang Anda simpan untuk keperluan produksi yang lebih.

* Jika Anda berada di laptop windows dan tidak dapat dengan mudah menggunakan keypad numerik, coba gunakan "Character Map" program (membaca file bantuan Anda jika Anda belum pernah menggunakan ini). Anda dapat menemukannya dengan menggunakan Start >> Program >> Accessories >> System Tools >> Peta Karakter.

** Harap dicatat bahwa Anda hanya harus menggunakan "Save As" perintah. Semua versi terbaru Adobe ® Photoshop akan "menelanjangi" keluar info IPTC jika Anda menggunakan "Save for Web" pilihan karena hal ini memberikan ukuran file yang paling kompak. Lihat Manifesto Metadata  untuk rincian lainnya tentang bagaimana Anda dapat menggunakan metadata efektif.


Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.